Pelukis otodidak dari sangatta kabupaten kutai timur


Install APK purjianto
Pelukis otodidak dari sangatta kabupaten kutai timur sangatta - Kabupaten Kutai Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan TimurIndonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sangatta. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 35.747,50 km²[3] atau 17% dari luas Provinsi Kalimantan Timur dan berpenduduk sebanyak 253.847 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010) dengan kepadatan 4,74 jiwa/km² dan pertumbuhan penduduk selama 4 tahun terakhir rata-rata 4,08% setiap tahun. (Sumber : Wikipedia)

Saya bukan pelukis namun latar belakang saya dari sekolah seni, pada tahun 2013 saya mulai hijrah ke Kabupaten Kutai Timur bekerja di salah satu sekolah swasta milik PT. Kaltim Prima Coal yang mana PT. Kaltim Prima Coal adalah sebagian dari penompang perekonomian di Kabupaten Kutai Timur.

Setelah sekian lama hidup di Kabupaten Kutai Timur, saya mengenal mas Adi Saputra yang mana beliau adalah pelukis otodidak kelahiran Kota Minyak Balikpapan yang bekerja di PT. Kaltim Prima Coal sebagai Geophyscal logging operator. Dari penuturan mas Adi ( Sapaan akrabnya ) dia menuturkan kalau tidak pernah sekolah di seni namun jiwa seni yang ada pada beliau sangat kental sekali.

Mas adi saputra Sumber : Facebook

"saya tidak pernah belajar seni di sekolah atau kuliah seni mas, bakat ini dari kecintaan saya terhadap seni dan kebiasaan saya suka coret-coret di kertas" Ujarnya sambil tersenyum

Perbincangan hangat kami di sela-sela pertandingan pencak silat PSHT CUP tahun 2017 di Kabupaten Kutai Timur tidak terasa sampai larut malam, sebagai seniman lokal beliau sudah tidak asing lagi, banyak anak didik beliau yang sampai sekarang masih eksis dengan dunia seni.

Pertanyaan demi pertanyaan saya utarakan untuk menggali lebih dalam tentang keseharian beliau di bidang seni lukis sketsa.


Saya : Apa yang membuat mas adi suka dengan dunia seni lukis?
Mas Adi : Bisa kumpul sama teman-teman pecinta seni mas
Saya : Sejak kapan mulai melukis?
Mas Adi : Saya dulu sempat tidak naik kelas mas karena asik dengan dunia seni lukis
Saya : Berapa lama untuk melukis satu objek?
Mas Adi : Untuk melukis satu objek tidak lebih dari satu jam saja mas

Mas adi sengaja melukis objek yang setiap hari di lihat orang seperti pasar tradisional, patung burung selamat datang di Kabupaten Kutai Timur, patung Singa maskot Kabupaten Kutai Timur berikut foto hasil lukisan mas adi.



Foto Asli patung burung selamat datang di Kabupaten Kutai Timur Sumber : Facebook



Foto hasil lukisan mas adi patung burung Sumber : Facebook

Di kalimantan Timur khususnya suku Kutai dan Dayak, burung enggang merupakan sebuah simbol sakral dan burung enggang merupakan binatang yang di lindungi oleh pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk kelangsungan hidup untuk anak cucu di kemudian hari.



 Foto asli Pasar Induk Sangatta Sumber : Facebook



Foto hasil lukisan mas adi Sumber : Facebook

Pasar induk sangatta adalah pusat perbelanjaan tradisional yang ada di sangatta, pasar induk sangatta adalah salah satu pasar terbesar di sangatta, di dekat pasar induk sangatta terdapat pusat rekreasi warga sangatta yaitu folder atau penampungan air untuk resapan untuk mengurangi banjir ketika hujan di daerah desa teluk lingga.

Banyak Pelukis otodidak dari sangatta kabupaten kutai timur yang sudah bergabung ke komunitas yang di adakan mas adi, setiap mas adi off kerja tidak sedikit orang yang datang untuk belajar atau sekedar melihat dan berbincang-bincang dunia lukis.

Menurut mas adi, seni tidak terbatas dan tidak ada batasan umur untuk mencintai dan belajar tentang seni lukis. "Semoga dengan melukis dapat mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar sesama." Pesan mas adi

0 comments