11 Nasehat Tips Manajemen Toko Agar Banyak Pembeli


Install APK purjianto
Saat ini, membuka sebuah toko bukanlah hal baru. Pasalnya, sudah banyak orang yang melakukan usaha tersebut dan bertebaran di dunia. Namun sayang, toko tersebut harus gulung tikar dikarenakan manajemen pengelolaan toko yang tidak tepat.

Memanajemen sebuah toko bukanlah hal mudah, pasalnya kita tidak hanya bersaing dengan toko di kota ataupun desa, namun bersaing juga dengan seluruh dunia.  Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memanajemen sebuah toko.

1. Menentukan tujuan

Sebelum kamu membuka sebuah toko, hendaklah menyusun tujuan yang jelas secara  terukur dan terstruktur. Ciptakan rencana jangka panjang yang konkret untuk meningkatkan keuntungan dan memperbaiki bisnis. Tentukan tujuan dan fungsi toko tersebut untuk membantu menghadapi masalah yang akan datang dikemudian hari.

2. Sumber daya manusia.

Sumber daya manusia sangat penting untuk menunjang sebuah bisnis. Sumber daya manusia dapat membangun atau menghancurkan bisnis kita. Sebuah tim merupakan wajah dari toko tersebut.
Untuk itu, sebelum menjadikan mereka bagian dari bisnismu, hendaklah melakukan training staff supaya mengetahui tugas dan fungsi dari pekerjaannya.


Bangunlah  komunikasi secara terbuka dengan karyawan untuk menghasilkan kepercayaan dan  merangkul pertunangan. Jika menetapkan komunikasi terbuka sejak awal, karyawan akan merasa lebih nyaman kerja ditempatmu dan akan merespons lebih positif dan loyal dalam jangka panjang.

3. Perencanaan

Perencanaan diperlukan untuk meminimalisir biaya persediaan dan menghilangkan kerusakan dan keusangan. Apalagi di tahap awal pembukaan toko, akan ada banyak pengeluaran untuk berbagai persiapan awal seperti rak barang, komputer kasir, alat-alat kasir seperti printer struk kasir, barcode reader, kertas-kertas nota, barang-barang promosi, dll.

Dalam melakukan persedian, sebaiknya persediaan tersebut harus dipantau dan disimpan dalam jumlah yang memadai setiap saat. Jangan menumpuk persedian dan harus dilihat dari kebutuhan masyarakat terhadap barang tersebut.

Usahakan barang tersebut baru dan update sehingga menimbulkan kesenangan dihati konsumen. Jangan sampai pelanggan meninggalkan toko dengan tangan hampa.

4. Keuangan

Sebuah usaha dapat hancur karena pengelolaan keuangan yang kurang baik. Untuk itu, ketika memegang uang prioritaskan hal yang paling utama, seperti membayar hutang.

Hal penting dalam mengelola keuangan adalah mencatat keuangan dengan baik dan membuat pembukuan. Dalam melakukan pencatatan dan pembukuan, kita mudah mengontrol keuangan.

Jangan sekali-kali mencampur keuangan pribadi dengan bisnis. Juga jangan mempergunakan keuangan jika tidak diperlukan.

5. Pelayanan

Pelayanan adalah sumber kehidupan sebuah bisnis. Pelayanan dapat diberikan mulai dari desain toko hingga menyenangkan pelanggan. Buatlah kesan pertama yang baik terhadap pelanggan.

6. Perhatikan exterior dan interior toko

Tak lepas dari kenyataan, konsumen terkadang menilai sebuah toko dari penampilan luar. Jadi, buatlah tokomu semenarik mungkin agar konsumen merasa tertarik. Tak hanya itu, ciptakanlah suasana yang nyaman dan ramah baginya.

Anda bisa mengkonsultasikan konsep interior yang tepat dan efektif dengan konsultan arsitektur dan interior design. Salah satu rekomendasi kami adalah PT. Atelier Una Indonesia yang sudah berpengalaman dalam jasa arsitek bangunan komersial untuk retail, hotel, dan gedung perkantoran. Websitenya bisa dikunjungi di http://www.una.co.id

7. Jangan pernah memperbaiki pelanggan

Seperti kata pepatah pembeli adalah raja. Ya, pepatah tersebut ada benarnya. Pelanggan merupakan aspek bisnis yang paling penting. Oleh karena itu, jadikan pelanggan sebagai prioritas utamamu, sehingga mereka merasa puas dengan produk dan layanan yang kamu berikan.

Jangan pernah bersikap kasar kepada pelanggan karena akan menghancurkan bisnis dan pelanggan hilang seumur hidup.

8. Dengarkan masukan

Setiap orang tentu ingin di istimewakan. Saat kamu bersama pelanggan, berikan kepadanya perhatian eksklusif, dengarkan apa pun yang mereka katakan. Berikanlah sedikit komentar yang menyanjung dari cerita tersebut.

Jika itu adalah toko pakaian, mintalah tanggapan pelanggan ketika mencoba baju tersebut. Anda juga bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang tepat untuk memberi saran lebih baik.

9. Berikan lebih jauh

Berikan pelayanan ekstra untuk membuat pelanggan merasa senang, terutama ketika mereka memiliki ketidaksenangan terhadap pelayanan atau produk toko tersebut. Berikanlah beberapa hadiah khusus untuk mereka sebagai suatu bentuk penyegaran.

10 Daur ulang barang

Setiap bulan toko kita mengganti dengan barang yang baru. Jika barang yang lama tidak laku terjual, hal yang akan terjadi adalah penumpukkan barang di gudang. Untuk itu, kamu dapat memanfaatkan hal ini dengan membuat penawaran, seperti Buy One Get One atau sejenisnya.

11. Evaluasi

Mengavaluasi sebuah usaha sangatlah diperlukan untuk mengukur seberapa berhasil dalam mengelola toko tersebut. Lakukanlah evaluasi setiap seminggu sekali untuk mengetahui dimana letak kesalahan dan kekurangan. Evaluasi dapat dijadikan bahan pertimbangan kelanjutan sebuah usaha.

0 comments