Peran UKM terhadap perekonomian di suatu wilayah


Install APK purjianto
PURJIANTO.WEB.ID, Peran UKM terhadap perekonomian di suatu wilayah - Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini bisa dibilang pesat, selain Infrastruktur masyarakat nya pun sudah semakin pintar menyikapi keadaan pasar ekonomi. Bisa dilihat dari geliat masyarakat yang sedikit demi sedikit memulai bisnis rumahan. Suatu wilayah akan semakin berkembang apabila masyarakatnya ikut serta dalam UKM yang dirangkul langsung oleh dinas terkait.

Di Kabupaten Kutai Timur sendiri tempat dimana saya melihat perkembangan masyarakatnya yang semakin pesat dari tahun ke tahun belakangan ini.

Sebagai contoh kecil, masyarakat membuat wadah sendiri untuk Usaha Kecil Menengah yang di beri nama OLSABARA atau masyarakat disini bilang Pusat Oleh-oleh dari Sangatta dimana di OLSABARA menyediakan makanan khas dari Sangatta Kutai Timur.


Produk yang di taruh di OLSABARA pun sampai saat ini sudah beraneka ragam, bukan cuma snack atau cemilan dari sangatta, namun sudah merambah ke pernak pernik ciri khas dari Kutai Timur seperti pakaian suku dayak, kutai dan masih banyak yang bisa kita bawa pulang dan tentu harganya tidak mahal.

"OLSABARA merupakan salah satu unit kegiatan bisnis dibawah payung Rumah Kemas yang dirancang sebagai trading house yang menumbuhkan berbagai peluang bisnis seperti : jasa layanan desain dan kemasan, jasa distribusi, dan Outlet oleh-oleh OLSABARA itu sendiri." Dikutip dari blog olsabara


Beberapa minggu yang lalu, saya melihat ada beberapa spanduk terpajang di beberapa titik tentang jasa kurir bernama LARIZE (Ladang Rizki Berkah) dimana di aplikasi tersebut terdapat dua item, satu untuk jual beli dan yang satu lagi untuk kurir yang antar jemput pesanan.

Jika kita lihat dari ulasan diatas, jelas minat masyarakat untuk menaikkan ekonomi saat ini semakin meningkat.

Ada beberapa faktor yang bisa kita dapat, antara lain :
  1. Keberanian untuk melangkah
  2. Pangsa pasar yang jelas
  3. Kebutuhan masyarakat
  4. Potensi pendapatan
Dari beberapa hal diatas bisa kita simpulkan jika memulai bisnis jangan ragu-ragu untuk melangkah dan selalu semangat dalam segala situasi.

0 comments