Delapan sifat dunia yang perlu anda ketahui


Install APK purjianto

Semua elemen yang ada didunia ini memiliki karakter dan sifatnya masing-masing

Delapan sifat dunia yang perlu anda ketahui, purjianto.web.id - Didalam dunia ini setiap makhluk mempunyai sifat dan watak yang tidak sama, delapan sifat dunia ini pun bisa berbeda menurut pandangan satu orang dan orang yang lainnya namun dalam prinsipnya sama dan bisa kita artikan satu kesatuan yang berbeda namun seiring berjalan sesuai kodrat dan iradatnya masing-masing yang tidak terpisahkan. Delapan sifat dunia ini bisa kita terapkan dalam kehidupan kita saat ini berbeda namun satu jua.

Berikut Delapan sifat dunia yang perlu anda ketahui, silakan anda tambahi jika menurut anda ada yang kurang di kolom komentar dibawah artikel ini.

BUMI, Bumi mempunyai sifat kuat dan bermurah hati. Selalu memberi hasil kepada siapa pun yang mengolah dan memeliharanya dengan tekun. Seorang pemimpin hendaknya berwatak sentosa, teguh dan murah hati, senang beramal dan senantiasa berusaha untuk tidak mengecewakan rakyatnya. Sebagai manusia harus dapat bersikap rendah hati, jujur dan dapat memberikan apa-apa yang bersifat positif seperti halnya dengan bumi yang kita pijak (welas asih murah hati ).

LANGIT atau ANGKASA. Langit itu luas tak terbatas, hingga mampu menampung apa saja yang datang padanya. Seorang pemimpin hendaknya mempunyai keluasan batin dan kemampuan mengendalikan diri yang kuat, hingga dengan sabar mampu menampung pendapat rakyatnya yang bermacam-macam. Sebagai manusia hendaknya harus dapat berwibawa dan berguna / bermanfaat seperti halnya langit yang senantiasa memberi hujan kepada bumi agar kehidupan di bumi dapat terjaga. (jembar manah, ‘lapang dada’).

MATAHARI, Matahari memancarkan sinar terang sebagai sumber kehidupan yang membuat semua makhluk tumbuh dan berkembang. Seorang pemimpin hendaknya mampu menumbuh kembangkan daya hidup rakyatnya untuk membangun bangsa dan negara dengan bekal lahir dan batin untuk dapat tetap berkarya. Sebagai manusia harus dapat memberikan semangat / motivasi baik kepada diri sendiri maupun pada orang lain seperti halnya matahari yang senantiasa memberikan sinar / energinya.(tempat tumpuan kehidupan)


SAMUDERA, Laut, betapapun luasnya, senantiasa mempunyai permukaan yang rata dan bersifat sejuk menyegarkan. Seorang pemimpin hendaknya menempatkan semua orang pada derajat dan martabat yang sama, sehingga dapat berlaku adil, bijaksana, dan penuh kasih sayang terhadap rakyatnya. Sebagai manusia hendaknya mempunyai cara pandang yang luas dan mampu menampung segala masalah seperti halnya lautan yang tiada bertepi dan menampung semua yang masuk ke lautan.(tiada menonjolkan diri)

REMBULAN, Bulan memancarkan sinar kegelapan malam. Cahaya bulan yang lembut mampu menumbuhkan semangat dan harapan-harapan yang indah. Seorang pemimpin hendaknya mampu memberikan dorongan atau motivasi untuk membangkitkan semangat rakyatnya, dalam suasana suka dan duka. Sebagai manusia hendaknya dapat melakukan hal2 yang menyenangkan seperti indahnya rembulan dan dapat menjadi penerangan selagi dalam kegelapan seperti halnya rembulan yg bersinar dimalam hari. (tempat pemberian pitutur, nasehat luhur).

BINTANG atau KARTIKA, Bintang memancarkan sinar indah kemilau, mempunyai tempat yang tepat di langit hingga dapat menjadi pedoman arah. Seorang pemimpin hendaknya menjadi suri teladan (Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tutwuri Handayani). Tidak ragu lagi menjalankan keputusan yang disepakati, serta tidak mudah terpengaruh oleh pihak yang akan menyesatkan. Sebagai manusia hendaknya dapat menjadi panutan seperti halnya bintang dilangit yang dijadikan petunjuk arah bagi pelaut yang sedang berlayar di waktu malam. (kokoh dalam bertindak dan tidak mudah tergoyahkan dalam arti tidak mudah terpengaruh).

ANGIN atau UDARA Angin selalu ada di mana-mana, tanpa membedakan tempat serta selalu mengisi semua ruang yang kosong. Seorang pemimpin hendaknya selalu dekat dengan rakyat, tanpa membedakan derajat dan martabatnya, bisa mengetahui keadaan dan keinginan rakyatnya. Mampu memahami dan menyerap aspirasi rakyat. Sebagai manusia hendaknya dapat memberikan perasaan yang sama dan tidak pilih kasih seperti udara yang ada di setiap pelosok dan dapat dirasakan oleh semua orang tanpa membedakan usia, pangkat dan derajat dan lain2. (Adil tanpa membeda-bedakan).

API, Api mempunya kemampuan untuk membakar habis dan menghancur leburkan segala sesuatu yang bersentuhan dengannya. Seorang pemimpin hendaknya berwibawa dan harus bisa menegakkan kebenaran dan keadilan secara tegas dan tuntas tanpa pandang bulu. Sebagai manusia hendaknya dapat bersikap tidak 'mencla-mencle' tetapi tegas dan berani bertindak tanpa pandang bulu seperti halnya api yang membakar apa saja yang menghadang, misalnya saja penegakan hukum atau pemberantasan korupsi, kejahatan, maka para pejabat harus mempunyai nyali seperti api.

0 comments