Ragam Kuliner Khas Bulan Ramadhan, Beda Daerah Beda Kulinernya


Install APK purjianto
Ragam Kuliner Khas Bulan Ramadhan, Beda Daerah Beda Kulinernya - Bulan Ramadhan disambut dengan meriah di berbagai daerah di Indonesia.Tiap daerah punya ciri khas tersendiri untuk menyambut Ramadhan.Termasuk kuliner yang khas dimakan bersama keluarga pada saat berbuka puasa. Yuk lihat, kuliner apa saja yang menjadi sajian khas bulan ramadhan dari berbagai daerah.

Bubur Kampiun

Makanan khas Padang bercita rasa manis ini memang menjadi ciri khas di bulan puasa. Bubur kampiun biasanya menjadi takjil favorit pada saat berbuka  sebelum makan besar.Rasanya yang manis dan mengenyangkan sangat cocok untuk berbuka.

Ragam Kuliner Khas Bulan Ramadhan, Beda Daerah Beda Kulinernya
Ragam Kuliner Khas Bulan Ramadhan, Beda Daerah Beda Kulinernya
Bubur kampiun juga kaya akan karbohidrat yang bisa untuk mengembalikan tenaga sehabis berpuasa karena terdiri dari bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima dan ketan hitam yang kemudian disiram dengan santan dan gula merah cair. Berlibur selama ramadhan? Cukup reservasi tiket pesawat Batik Air, pemesanan tiket pesawat online lewat Reservasi.com saja.

Es Pisang Ijo

Makanan khas Makasar ini sangat mudah dijumpai pada bulan Ramadhan. Rasanya yang enak dan dingin di tenggorokan membuat es pisang ijo sangat pas untuk menu berbuka. Perpaduan anatara bubur sumsum, kuah santan, sirup coco pandan dan pisang raja yang dibungkus kulit tepung berwarna ijo ini biasanya di jual 5.000 hingga 10.000 rupiah

Sate Susu

Di Pulau Dewata menu buka puasa khas nya adalah sate susu. Ini bukan susu yang dibuat sate melainkan sate yang terbuat dari kulit susu sapi yang dibumbui dengan bumbu khas Bali atau bumbu kuning. Sate susu biasnya dilengkapi lontong sebagai pelengkap.

Penjual makanan khas ini biasanya bermunculan di Bali pada saat bulan Ramadhan tiba. Bali memang begitu menarik, tak heran kalau daerah ini ramai pengunjung. Untuk berlibur ke Bali segera reservasi tiket pesawat Batik air.

Bubur Kanji Rumbi

Bubur Kanji Rumbi merupakan hidangan khas buka puasa dari Serambi Mekah. Bubur kanji rumbi adalah bubur nasi lengkap dengan lauk pauknya. Di dalam bubur nasi biasnya diberi udang, ikan atau ayam yang di suwir kecil. Bubur kanji rasanya sangat khas dengan aroma rempah yang kencang. Biasanya bubur kanji di bagikan gratis di Meunasah (Masjid) di desa-desa di Aceh walau ada juga yang dijual di pasar menjelang buka puasa.

Kue Bingka

Kue Bingka adalah kuliner khas Banjar yang biasa dimakan sebagai hidangan berbuka puasa. Kue ini memiliki bentuk yang unik yaitu bunga dengan enam kelopak. Kue yang terbuat dari terigu, santan , gula dan garam ini bertekstur lembut dan rasanya nya manis gurih. Kini kue bingka sudah dikreasikan dengan berbagai rasa seperti coklat, keju, pandan dan lain-lain.

Bongko Kopyor

Bangka kopyor adalah makanan khas buka puasa dari daerah Gresik, jawaTimur. Bangka Kopyor sesuai komposisinya merupakan singkatan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Biasanya bongko kopyor tediri dari bubur tepung terigu, daging kelapa muda, pisang ,nangka, santan dan roti tawar.

Ketan Bintul

Ketang Bintul adalah makanan khas berbuka puasa yang sangat terkenal dari kota Serang, Banten. Ketan bintul terdiri dari ketan putih yang dihaluskan yang dimakan bersama gulai daging sapi dan taburan serundeng. Dulunya, dikatakan bahwa ketan bintul adalah makanan favorit Sultan Maulana Hasanuddin. Rasa ketan bintul yang gurih dan lezat sangat nikmat dinikmati sebagai hidangan berbuka pada bulan Ramadhan.

Mie Glosor

Takjil bulan puasa khas bogor yang banyak diminati adalah Mie glosor. Walaupun warnanya kuning seperti mie pada umumnya, Mie glosor ternyata tidak terbuat dari tepung terigu melainkan dari tepung sagu atau disebut tepung aci. Mie glosor biasanya dimakan dengan sambal kacang pedas yang disiram diatas mie yang telah digoreng dengan bumbu. Mie glosor biasanya dinikmati sebagai menu takjil bulan ramadhan dengan tambahan gorengan seperti bakwan dan tempe.

Pakat

Makanan yang satu ini terbilang agak unik dan hanya bisa dijumpai pada bulan Ramadhan di daerah Tapanuli, Sumatra Utara.Pakat adalah makanan khasTapanuli yang hadir musiman hanya pada bulan puasa. Pakat terbuat dari rotan muda yang di bakar kemudian dikupas dan diambil bagian putihnya, diberi bumbu-bumbu seperti bawang merah, cabai dan santan. Kamu harus mencoba sendiri untuk mengetahui rasanya.

Kue Kicak

Kue kicak ini banyak dijual di seputar Kauman, Yogyakarta selama bulan Ramdahan.Kicak biasa dijadikan takjil sebagai menu berbuka pada bulan puasa.Kicak terbuat dari beras ketan yang dimasak kemudian dihaluskan dan diberitaburan kelapa parut serta potongan nangka.Rasanya legit , manis dan gurih.

Jongkong

Kuliner kue jongkong ini merupakan khas dari pulau Anambas, Kepulauan Riau. Rasanya gurih dan sangat manis. Biasa dijadikan makanan khas di bulan Ramadhan. Kue jongkong dibuat tepung beras dan santan yang dikukus dan gula pasir yang ditabur di dasar kue jongkong. Di anambas, cetakan kue jongkong dibuat dari daun kelapa. Selain dipulau anambas, kue Jongkong juga bisa dijumpai di beberapa daeerah di Sumatra seperti medan dan lampung dengan bentuk yang sedikit berbeda.

Tak perlu ragu untuk berlibur selama ramadhan karena kamu akan disuguhkan kuliner khas dari setiap daerah. Segera reservasi tiket pesawat batik air menuju destinasi tujuan kamu, pesan tiket online pastinya lewat Reservasi.com.

Pencarian terkait google:

  1. menu takjil istimewa
  2. menu takjil unik
  3. makanan khas bulan ramadhan
  4. aneka takjil untuk dijual
  5. menu takjil untuk dijual
  6. menu takjil buka puasa
  7. takjil buka puasa paling laris
  8. minuman buka puasa

0 comments