Hidup Indah Itu Saling Menghargai


Install APK purjianto
Hidup Indah Itu Saling Menghargai, purjianto.web.id - Dalam menjalani hidup bermasyarakat rasa saling menghargai dan menghormati adalah kunci utamanya, sudah jelas tertulis di Al Qur'an surah Al Hujurat ayat 11 menyatakan.

”Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan ) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olokkan), dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iamn dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Hujurat: 11)

Hidup Indah Itu Saling Menghargai

Didalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan bisa lepas dari saling tolong menolong bahkan hal itu tidak kita sadari. Kadang sudut pandang kita yang tidak bisa melihat dan mencerna dengan baik apa yang telah orang lakukan dan apa yang telah kita lakukan terhadap sesama.

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (QS. Al-Ma’idah [5]: 2)
Selaku orang yang lebih muda apapun alasannya kita harus tetap menghargai orang yang lebih tua, baik dalam pergaulan maupun dalam penyebutan nama di depan atau di belakang orang tersebut.

Hidup indah itu menghormati orang yang lebih tua

Kadang beberapa orang tidak sadar atau bahkan menyadari menyebut nama seseorang tanpa sopan santun, di depan orang tersebut mereka memanggil nama dengan kata Bapak atau Mas namun di belakang orang tersebut mereka memanggil nama dengan semaunya sendiri.

Hal yang demikian lah yang akan menjatuhkan harga diri mereka sendiri tanpa di sadari, penilaian seseorang terhadap mereka akan semakin berkurang.

Hormatilah orang yang lebih tua apapun alasan dan kondisinya, karena itu bagian dari adab atau sopan santun dalam pergaulan bermasyarakat.

0 comments