Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Pedagang Untuk Mendapatkan Pinjaman


Install APK purjianto
Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Pedagang Untuk Mendapatkan Pinjaman, PURJIANTO.WEB.ID, sangatta - Sektor UMKM merupakan sektor yang menopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sektor ini begitu penting karena menghidupi banyak orang di Indonesia. Tak hanya itu, sektor UMKM juga memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi semakin besar di masa yang akan datang. Sementara itu, di Indonesia mayoritas sektor UMKM diisi oleh kalangan pedagang.

Berdagang merupakan usaha yang telah dilakukan sejak dahulu hingga sekarang. Dengan berdagang, para pedagang akan menghasilkan keuntungan dari selisih harga yang didapat. Sayangnya, tak semua pedagang menjalani bisnisnya dengan mulus karena ada berbagai masalah yang kerap kali mendera para pedagang. Salah satunya adalah kebutuhan modal yang sebetulnya bisa didapat melalui beberapa cara sebagai berikut.
Cara Mudah Mencari Pinjaman Untuk Pedagang

Cara Pedagang Untuk Mendapatkan Pinjaman

Meminjam ke bank

Cara paling umum yang bisa digunakan pedagang untuk mendapatkan pinjaman modal tambahan adalah meminjam ke bank. Bank merupakan rujukan utama seseorang yang membutuhkan uang termasuk para pedagang yang berada di sektor UMKM. Meskipun bank menjadi rujukan utama, sayangnya tidak semua bank memberikan aksesnya kepada para pedagang. Tingginya angka kredit macet membuat para pedagang kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank sehingga memilih untuk meminjam ke tempat lainnya.

CARI: Bingung Cari Modal? Peer to Peer Saja

Menggunakan peer to peer lending

Jika para pedagang kesulitan untuk mendapatkan pinjaman ke bank, maka solusi berikutnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pinjaman modal tambahan adalah peer-to-peer lending. Peer to peer lending merupakaan platform fintech yang akan menghubungkan lender dan debitur secara langsung. Platform ini akan membantu para pedagang yang membutuhkan pinjaman dengan mudah sekaligus investor yang ingin mendapatkan keuntungan dari dana yang dipinjamkan. Dengan demikian, para pedagang pun bisa mendapatkan pinjaman untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya.

Memanfaatkan koperasi

Cara terakhir yang bisa digunakan oleh para pedagang untuk mendapatkan pinjaman modal tambahan adalah koperasi. Koperasi merupakan tempat terbaik karena akan memberikan pinjaman modal kepada para anggotanya. Tak hanya itu, beberapa koperasi juga telah bergabung dengan platform pinjaman peer-to-peer Mekar sehingga akan membantu para pedagang secara lebih luas lagi. Jadi para pedagang tidak perlu khawatir dengan ketersediaan dana yang dimiliki oleh koperasi.

0 comments