Ceritaku Berawal dari Sangasanga Kota Minyak


Install APK purjianto
Ceritaku Berawal dari Sangasanga Kota Minyak, PURJIANTO.WEB.ID, sangatta - Sangasanga di kenal dengan sebutan "Kota Minyak" pada jaman penjajahan belanda dulu sangasanga merupakan salah satu penghasil minyak di era nya, cerita tentang sangasanga tidak luput dari perjuangan para pejuang dulu untuk merebut kembali kota ini ke pangkuan Ibu pertiwi yang sekarang setiap bulan januari di peringati tepatnya tanggal 27 januari selalu ada upacara penghormatan kepada para pahlawan yang sudah gugur merebut sangasanga dari tangan penjajah. Cerita sangasanga sudah pernah di buku kan oleh sejarawan dan juga bisa kalian lihat di wikipedia, kecamatan yang masuk ke dalam kabupaten kutai kartanegara ini selain penghasil minyak juga penghasil batu bara hampir sama dengan kabupaten kutai timur.

Cerita dari sangasanga

Cerita dari sangasanga ini sengaja saya tulis untuk mengingat kembali persahabatan kami yang pada waktu itu masa pencarian jati diri penuh tantangan seakan benar dan salah sudah tercampur aduk menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.

Sebelum menginjakkan kaki di sangasanga terlebih dahulu saya tinggal di Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan lalu hijrah ke sangasanga kurang lebih tahun 2004 dan mengenal satu persatu dari mereka yang sekarang sudah tidak seperti dulu lagi karena semua sudah bekerja dan menghidupi istri dan anak.

Ceritaku Berawal dari Sangasanga Kota Minyak
Ceritaku dari sangasanga - Foto diambil 14 tahun yang lalu
Sangasanga adalah kecamatan dengan luas 233,4 km2 dengan penghasilan utamanya adalah minyak bumi yang di kelola oleh pertamina dan sebagian besar wilayah sangasanga adalah hutan dan lahan masyarakat yang sekarang beralih menjadi tambang batu bara.

Orang-orang tua tentu banyak yang tahu tentang cerita sangasanga, menurut cerita sangasanga dulu ramai dan kompi angkatan bersenjata atau TNI ada di sana sebelum pindah ke kota Samarinda seberang.

Administratif kecamatan sangasanga

Di kecamatan sangasanga di bagi menjadi 5 kelurahan, antara lain:
  1. Sanga-Sanga Muara
  2. Sarijaya
  3. Sanga-Sanga Dalam
  4. Jawa
  5. Pendingin

Lokasi wisata di sangasanga

Selain itu di sangasanga juga banyak tempat sejarah cerita perjuangan masa lalu yang sampai sekarang masih ada di kota minyak tersebut menjadi tempat penting bersejarah.
  • Museum Perjuangan Merah Putih
  • Tugu Habib Abdul Mutholib
  • Monumen batu kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) di Jl.Masjid
  • Tugu Kerukunan Umat Beragama yang terletak di sebuah bukit di Jl.Abdul Muthalib
  • Tugu Monumen Perjuangan Merah Putih (Palagan)
  • Tugu Pembantaian di Jl.Bakaran
  • Taman Makam Pahlawan Wadah Batuah
  • Eks Penjara Kolonial Belanda
Sanga-Sanga juga merupakan kecamatan pertama yang berdiri secara administratif di luar Pulau Jawa dan Pulau Sumatra pada tahun 1949 dengan camat pertamanya adalah Awang Ishak, ayah dari gubernur Kaltim periode 2008-2013 dan menjabat lagi pada tahun 2013-2018, Awang Faroek Ishak. (sumber: wikipedia.org)

Untuk menuju ke sangasanga jika kalian dari samarinda bisa di tempuh dengan jalur darat yang kurang lebih memakan waktu 1 jam melewati samarinda seberang, mangkupalas, palaran dan jika sudah sampai palaran kurang lebih 15 menit lagi kalian akan sampai ke kecamatan sangasanga.

0 comments